Pengertian Topologi Jaringan dan Jenisnya


Pengertian Topologi Jaringan - Pengertian Topologi jaringan adalah suatu teknik unutk menghubungkan komputer satu dengan komputer  lain yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana pengguna topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan.

     Ada beberapa macam topologi jaringan yang banyak digunakan saat ini antara lain adalah Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star, Topologi Mesh, Topologi Linear, masing -masing jenis topologi ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

     Berikut adalah Pengertian, kelebihan dan kekurangan dari masing masing topologi jaringan komputer :


1. Topologi Ring
 Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk sebuah lingkaran sehingga disebut Ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data konten untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai diterima oleh komputer 4, jadi sebuah jaringan akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address penerima.

 
  • Kelebihan dari topologi ring ini adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan kabel LAN yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.

  • Kekurangan dari topologi ini adalah jika salah satu komputer ataupun kabelnya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.


2. Topologi Bus
  Topologi jaringan Bus ini tersusun rapi seperti antrian dan hanya menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri dengan terminator.

  • Kelebihan dari topologi Bus hampir sama dengan Ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyakndan menghemat biaya pemasangan.

  • Kekurangan topologi Bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit untuk mendeteksi gangguan, sering terjadi antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.






3. Topologi Star
   Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch pusat jaringan dan bertugas mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpamelewati komputer lain. topologi ini sering digunakan karena mempunyai banyak kelebihan.

  •  Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data yang lebih tinggi.

  • Kekurangan topologi ini adalah memerluka biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat terganggu pasa terminal pusat, sehingga jika switch/hub gangguan maka semua komputer akan terganggu.






4. Topologi Mesh
  Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch/hub.

  • Kelebihannya adalah proses pengirimannya lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika komputer satu mengalami kerusakan, maka komputer yang lainnya tidak akan terganggu.

  • Kekurangannya adalah memakan sangat banyak biaya kerena membutuhkan kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.






5. Topologi Tree
  Topologi Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung dengan topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

  • Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.

  • Kekurangannya yaitu menggunakan banyak kabel sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi maka jaringan tingkat rendah akan terganggu.




Demikian artikel tentang topologi saya, , mohon maaf bila ada salah kata maupun hal yang tidak berkenan dihati Anda , , semoga bermanfaat bagi sobat sobat semua, , , terima kasih sudah berkunjung :-).
------tolong kritik dan saran Anda-----





Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Topologi Jaringan dan Jenisnya"

Post a Comment